Senin, 06 Agustus 2012

Definisi Sosiologi

Secara etimologis, sosiologi berasal dari bahasa latin dan yunani.
Bahasa latin "socius" yang berati teman, kawan, atau masyarakat.
Bahasa yunani "logos" yang memiliki arti ilmu pengetahuan.
berdasarkan uraian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa sosiologi dapat dimaknai sebagi ilmu yang mengkaji atau mempelajari tentang masyarakat.

Selain pengertian sosiologi secara etimologis, para ahli ilmu sosial juga mendefinisikan pengertian dari sosiologi, antara lain:

  1. Roucek and Warren, mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarmanusia dalam kelompok-kelompok.
  2. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff, berpendapat bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.
  3. J.A.A. van Dorn dan C.J. Lamers, berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
  4. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.
  5. Auguste Comte, berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya (gregariousness).
  6. Emile Durkheim, menyebutkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial.
  7. Max Weber, menyebutkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.
  8. Paul B. Horton, menyebutkan sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
  9. Soerjono Soekanto, sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
  10. William Kornblum, menyebutkan sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan membagi masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.
Meskipun banyak definisi tentang sosiologi yang dikemukakan para ahli, namun secara garis besar definisi tersebut memiliki beberapa kesamaan dalam tujuan pembahasan sosiologi, yaitu membahas aspek sebagai berikut:
  • kehidupan masyarakat.
  • perkembangan masyarakat dengan segala aspeknya.
  • hubungan antar manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar